Minggu, 15 Januari 2012

8 PRINSIP MANAJEMEN MUTU


Untuk memimpin dan mengoperasikan sebuah organisasi dengan berhasil, perlu untuk mengarahkan dan mengendalikannya dengan cara sistematis dan transparan. Keberhasilan dapat tercapai dari implementasi dan pemeliharaan sistem manajemen yang didesain untuk selalu memperbaiki kinerja sambil menanggapi kebutuhan semua pihak berkepentingan. Pengelolaan organisasi mencakup manajemen mutu di antara disiplin manajemen yang Iainnya. Telah diidentifikasi delapan dasar manajemen mutu yang dapat dipakai oleh pimpinan puncak untuk memimpin organisasi ke arah perbaikan kinerja.
1.       Fokus pada pelanggan
Organisasi bergantung pada pelanggannya dan karenanya hendaknya memahami kebutuhan kini dan mendatang dari pelanggannya, hendaknya memenuhi dan berusaha melebihi harapan pelanggan.
2.       Kepemimpinan
Pemimpin menetapkan kesatuan tujuan dan arah organisasi. Mereka hendaknya menciptakan dan memelihara Iingkungan internal tempat orang dapat melibatkan dirinya secara penuh dalam pencapaian sasaran organisasi.
3.       Pelibatan orang
Orang pada semua tingkatan adalah inti sebuah organisasi dan pelibatan penuh mereka memungkinkan kemampuannya dipakai untuk manfaat organisasi.
4.       Pendekatan proses
Hasil yang dikehendaki tercapai Iebih efisien bila kegiatan dan sumber daya terkait dikelola sebagai suatu proses.
5.       Pendekatan sistem pada manajemen
Mengidentifikasi, memahami dan mengelola proses yang sating terkait sebagai system memberi sumbangan untuk keefektifan dan efisiensi organisasi dalam mencapai sasarannya.
6.       Perbaikan berkesinambung (kontinual).
Perbaikan berkesinambungan organisasi secara menyeluruh hendaknya dijadikan sasaran tetap dari organisasi.
7.       Pendekatan fakta
Pada pengambilan keputusan Keputusan yang efektif didasarkan pada analisis data dan informasi.
8.       Hubungan yang saling menguntungkan dengan pemasok
Sebuah organisasi dan pemasoknya sating bergantung dan suatu hubungan yang saling menguntungkan meningkatkan kemampuan keduanya untuk menciptakan nilai.
Delapan prinsip manajemen mutu tersebut merupakan dasar bagi standar sistem
manajemen mutu dalam kelompok SNI 19-9000.

Sumber SNI-ISO 9000:2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar